Ukraina Bertekad Hidup atau Mati Mempertahankan "Benteng Bakhmut"

Pasukan Ukraina Hidup atau Mati Mempertahankan Kota Bakhmut
Pasukan Ukraina Hidup atau Mati Mempertahankan Kota Bakhmut (Foto : Reuters)

Antv – Pihak Kyiv bertekad akan melakukan segala cara untuk menahan serangan pasukan Rusia bertubi-tubi, yang berusaha untuk mengepung kota Bakhmut, ibarat kota benteng di Ukraina wilayah timur, yang diserang Moskow selama berbulan-bulan. 

Ukraina bertekad hidup atau mati demi mempertahankan "Benteng Bakhmut" yang terus digempur pasukan-pasukan Rusia yang tak mudah menyerah bahkan menjadikan kota Bakhmut menjadi simbol trofi politik manakala pertempuran semakin sengit. 

img_title
Pasukan Ukraina Hidup atau Mati Mempertahankan Kota Bakhmut. (Foto: Reuters)

Dikutip dari Al Jazeera, Salah seorang prajurit Ukraina mencatat bahwa sudah lebih dari 130 serangan musuh yang berhasil dipukul mundur dalam beberapa hari terakhir, termasuk pertempuran di Kupiansk, Lyman, Bakhmut dan Avdiivka. 

"Pasukan musuh terus menyerang mengepung kota Bakhmut," kata si prajurit yang tidak mau disebut namanya itu. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kota Bakhmut kini menjadi reruntuhan, porak poranda akibat pertempuran terburuk dan terlama selama invasi. 

Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy pada Minggu (5/3/2023) mengatakan bahwa pasukan Ukraina menghadapi pertempuran yang "sulit dan menyakitkan" di wilayah timur Kota Donbas, termasuk Bakhmut.