Kedok TNI Gadungan di Jambi Terbongkar, Pangkat di KTA dan Seragam Berbeda

TNI Gadungan di Jambi Tipu Warga Puluhan Juta
TNI Gadungan di Jambi Tipu Warga Puluhan Juta (Foto : Antvklik | Arizal Antoni/ Jambi)

AntvKedok Bimas Riadi yang selama ini mengaku anggota Intelkam TNI Kodim 0417 Kerinci, akhirnya terbongkar. Ia ditangkap Satreskrim Polres Kerinci di rumahnya, pada Kamis (2/3/2023), setelah melakukan penipuan hingga puluhan juta rupiah.

"Iya, barusan kita menangkap Bimas Riadi dirumahnya Desa Lubuk Nagodang, karena pelaku melakukan dugaan penipuan terhadap warga Desa Sungai Ning," kata Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian, melalui Kanit Pidum Polres Kerinci IPDA Hariyanto.

Warga Lubuk Nagodang, Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi ini pun tidak bisa mengelak, ia ketahuan tentara gadungan, setelah pangkat yang tertera di Kartu Tanda Anggota (KTA) berbeda dengan pangkat yang ada di seragamnya.

Menurut Hariyanto, dengan seragam TNI-nya, Bimas Riadi, melakukan penipuan terhadap dua korban bernama Molnapri dan Aji Niadi.

“Kerugian sementara Rp34 Juta, terhadap dua korban. Untuk modus, masih kita periksa dulu,” ucap Hariyanto.

Kepada petugas, pelaku mengaku melakukan penipuan terhadap warga menjanjikan untuk lulus jadi anggota TNI. Namun, modus pelaku saat ini tengah dilakukan penyelidikan oleh Polres Kerinci.

Lebih lanjut, Hariyanto menjelaskan, pelaku Bimas Riadi ini mengaku anggota Intelkam TNI Kodim 0417 Kerinci, di seragam berpangkat Peltu sedangkan KTA berpangkat Serka, pada kartu anggota ditandatangani oleh Letkol M Reza. Namun, nama Letkol M Reza bukanlah sebagai Komandan Kodim.