Peringati HUT Satpol PP dan Satlinmas, Kemendagri Gelar Rakornas

Rakornas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satpol PP.
Rakornas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satpol PP. (Foto : Kemendagri)

Antv –Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Ballroom Hotel Claro, Makassar, Kamis (2/3/2023).

Rakornas tersebut mengusung tema ‘Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satpol PP dan Satlinmas yang Profesional’. Dalam sambutannya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo meminta jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar sigap dan waspada dalam membantu menjaga stabilitas ekonomi dan politik.

Pihak-pihak tersebut didorong agar bahu-membahu dalam melahirkan praktik baik, adaptif, dan implementatif untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja dan selamat ulang tahun ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat," ujar Wempi saat membuka Rakornas tersebut.

Dirinya mengaku bangga sekaligus memberikan penghargaan tinggi kepada Satpol PP dan Satlinmas atas pengabdian dan pelayanan tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram, dan aman kepada masyarakat.

Dia berpesan agar Satpol PP dan Satlinmas tetap bersemangat dalam menjalankan tugas serta mengedepankan sikap humanis, berwibawa, dan juga tegas. Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Safrizal ZA mengatakan, di dalam Rakornas tersebut turut dibahas isu-isu penting mengenai Satpol PP dan Satlinmas.

Dia tak memungkiri, selama ini kekuatan Satpol PP ditopang oleh jajaran pegawai Non-Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu, persoalan pembiayaannya perlu dicarikan solusi bersama.