KPK Sebut Ada ‘Geng’ Kemenkeu Punya Harta Tak Wajar

Rafael Alun Trisambodo di Gedung KPK Jakarta.
Rafael Alun Trisambodo di Gedung KPK Jakarta. (Foto : Viva)

Antv –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan klarifikasi menelusuri harta kekayaan yang dimiliki oleh Mantan Kabag Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo. Langkah KPK tidak akan berhenti kepada Rafael.

KPK juga berencana untuk menelusuri ‘geng’ Rafael Alun di Kemenkeu yang diduga memiliki harta tidak wajar.

"Yang terakhir, mungkin nextnya kayak apa? Kami pastikan sesudah yang bersangkutan (Rafael) pasti ada lagi orang-orang lain, yang kami kan denger juga ada gengnya," ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di KPK, Rabu 1 Maret 2023.

Kata Pahala, usai klarifikasi yang dilakukan kepada Rafael Alun. Penyidik mendapatkan pola dugaan kepemilikan harta yang tak wajar. "Sekali lagi, ini bukan sederhana ya, sulit sih pasti.

Bukan sederhana dalam arti, ini kan orang keuangan, tahu banget gimana cara ke sana ke mari. Jadi kami ingin polanya dulu dapat, nanti baru ke yang lain," kata Rafael.

Sementara itu diwartakan Viva.co.id, pada klarifikasi ke Rafael, KPK menegaskan yang mereka pastikan bukan hanya soal kebenaran harta kekayaannya yang mencapai Rp 56,1 miliar. Namun bakal menelusuri asal muasalnya.

"Jadi target kami bukan hanya sekadar mengklarifikasi, ini hartanya bener apa enggak, tapi asalnya dari mana.Kalau asalnya bisa dipertanggungjawabkan," tegas Pahala.