Polda Metro Jaya Akan terapkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Tiap Jumat

Lingkungan Polda Metro Jaya.
Lingkungan Polda Metro Jaya. (Foto : Viva)

AntvPolda Metro Jaya akan menerapkan rencana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di lingkungan kantor Polda Metro Jaya setiap hari Jumat.

"Pada hari Jumat ini tepatnya tanggal 3 Maret 2023 akan diterapkan 'car free day' di lingkungan Polda Metro Jaya, terutama kepada internal sudah kami sampaikan untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke wilayah area di Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Namun Trunoyudo menambahkan, ada beberapa pengecualian terhadap aturan HBKB tersebut di Polda Metro Jaya.

"Namun demikian ada beberapa hal yang menjadi pengecualian, tentu terkait mobil dinas yang terkait operasional. Ini masih diperbolehkan," katanya.

Selain itu juga Polda Metro Jaya masih membuka layanan terkait cek fisik kendaraan.

"Kita masih melakukan pelayanan seperti cek fisik baik kendaraan roda empat dan roda dua ini dibatasi pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200," katanya.

Seperti dilansir dari Viva.co.id, Trunoyudo menjelaskan, HBKB ini merupakan salah satu program resolusi tahun 2023 Polda Metro Jaya untuk menerapkan hutan kota, mengurangi polusi udara dan juga gerakan seribu langkah sehari.