Leptospirosis Mengganas, Ratusan Warga di Pacitan Terinfeksi. 6 Meninggal Dunia

Leptospirosis Mengganas, Ratusan Warga di Pacitan Terinfeksi
Leptospirosis Mengganas, Ratusan Warga di Pacitan Terinfeksi (Foto : Antvklik | Agus Wibowo/Pacitan)

Antv –Penyakit leptospirosis kian mengganas di Kabupaten Pacitan. Ratusan warga di 3 kecamatan, terjangkit bakteri leptospira. Enam orang dinyatakan meninggal dunia.

Setelah menjangkiti ratusan warga di Kecamatan Nawangan, kini bakteri leptospira merebak di Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro. 

Tercatat, dari Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro, sedikitnya ada 3 orang warganya menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit dr Darsono Kota Pacitan, setelah dinyatakan terjangkit bakteri leptospira.

dr. Rini Endrawati, Kepala Puskesmas Ngadirojo menuturkan ada beberapa orang yang diduga terjangkit penyakit leptospirosis. Namun dari hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas, data per Februari 2023, mencatat hanya 15 orang yang dinyatakan positif.

Sementara puluhan orang warga lainnya, kata dr. Rini, tidak terbukti terinfeksi penyakit yang disebabkan air kencing tikus tersebut.

Lebih lanjut, dr. rini merinci, dari awal hingga pekan terakhir bulan Februari kemarin, sebanyak 15 orang terjangkit leptospirosis. 10 kasus dari Puskesmas Ngadirojo. Sedangkan 5 Kasus dari Kecamatan Sudimoro. 3 kasus di antaranya dirujuk ke rumah sakit karena kondisinya memburuk.

"Ada 3 orang kemarin (28/02/2023) yang di rujuk ke RSUD Darsono Pacitan untuk lebih intensif mendapatkan perawatan medis. Ketiga pasien tersebut bukan berasal dari wilayah kerja Puskesmas Ngadirojo, melainkan berasal dari desa Wonokarto, Kecamatan Sudimoro,' kata dr. Rini kepada wartawan, Rabu (01/03/2023).