Menlu RI Dorong Aksi Nyata Perlucutan Senjata Nuklir

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI (Foto : Reuters)

Antv – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerukan pesan tegas saat menghadiri pertemuan Conference on Disarmament di Jenewa, Swiss, pada 27 Februari 2023. 

Retno Marsudi mendesak agar negara-negara untuk melakukan aksi nyata mendorong perlucutan senjata nuklir pada forum pertemuan. Indonesia menyampaikan tiga langkah untuk tujuan tersebut. 

“Tanpa aksi nyata yang tegas, bencana nuklir hanya soal waktu, dan risiko ini semakin besar seiring menajamnya rivalitas antar-kekuatan besar," kata Retno Marsudi yang dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri RI

img_title
Suasana Pertemuan DK PBB mendengar pernyataan Menlu RI di Jenewa. (Foto: Dok. Kemlu RI)

Retno juga menyampaikan bahwa upaya perlucutan senjata nuklir itu berjalan di tempat selama lebih dari seperempat abad dinilai karena tidak adanya kemauan politik, kompleksitas situasi keamanan global, serta masih ada mentalitas Perang Dingin.

Oleh karena kondisi tersebut, Retno menyampaikan tiga langkah untuk mendorong kemajuan perlucutan senjata nuklir. Diantaranya, Pertama, Membangkitkan kembali kemauan politik. 

Aksi nyata untuk menumbuhkan kembali kemauan politik yakni membuat sebuah jaminan berupa Negative Security Assurances (NSA) yang mengikat secara hukum.