Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia INASAR untuk Turki Tiba di Jakarta

Tim INASAR dari Turki telah kembali ke tanah air.
Tim INASAR dari Turki telah kembali ke tanah air. (Foto : BNPB)

Antv –Sebanyak 50 anggota Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia (INASAR) dan rombongan delegasi kemanusiaan untuk Turki telah kembali ke Tanah Air pada hari ini Jumat (24/2/2023).

Seluruh rombongan tersebut dibawa dari Bandara Adana Sakirpasa, Turki menggunakan pesawat Airbus A330-343 milik Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 7990 dan mendarat dengan mulus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pukul 14.28 WIB.

Turut menyertai rombongan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan delegasi lainnya.

Pada upacara penyambutan tim INASAR dan rombongan delegasi lainnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa misi kemanusiaan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk percepatan penanganan bencana gempabumi Turki M 7.8 telah dilaksanakan dengan baik.

Ke depannya, Pemerintah Indonesia akan melaksanakan segala hal yang dianggap perlu untuk memberikan dukungan kepada Turki.

"Misi kemanusiaan dari Indonesia untuk tahap keempat telah dilaksanakan dengan baik. Hari ini saya menyertai rombongan, untuk sebagian telah kembali ke Indonesia. Dan akan segera kita tindak lanjuti hal-hal yang sudah kita dapat selama saya bersama Kepala BNPB dan seluruh tim," jelas Muhadjir.

"Intinya kita akan tetap memberikan dukungan untuk rakyat Turkiye semaksimal mungkin," imbuhnya.