Ini Perintah Kapolda Metro Jaya Untuk Cegah Aksi Premanisme

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran.
Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran. (Foto : Viva)

AntvKapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memerintahkan jajarannya untuk mencegah perbuatan premanisme di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Fadil perintahkan polisi untuk lebih meningkatkan patroli.

"Dalam hal ini Bapak Kapolda menyampaikan kepada seluruh Polres jajaran untuk melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan untuk mengentaskan semua kekerasan-kekerasan yang memang dilakukan oleh preman," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis, 23 Februari 2023.

Trunoyudo menjelaskan, walau kegiatan eksekutorial yang dilakukan debt collector diatur dalam Undang-Undang Fidusia, tapi dalam UU itu tidak membenarkan dengan cara kekerasan apalagi premanisme.

Kapolda pun, menurut Trunoyudo, juga berharap agar aksi kekerasan yang dilakukan oleh komplotan preman berkedok debt collector itu tak terjadi lagi.

"Namun tidak disertai dengan tindakan-tindakan pengancaman, kekerasan, bahkan di situ terlihat adanya petugas Babhinkamtibmas yang tugasnya buat suatu cooling system, ini juga dilakukan (tindak kekerasan) yang tidak seharusnya dilakukan kepada petugas," ujarnya.

"Terkait dengan apa yang disampaikan Bapak Kapolda Metro Jaya terkait dengan premanisme tentunya kita mengharapkan ini tidak terjadi lagi, khususnya di wilayah kota dan wilayah hukum Polda Metro Jaya,” tambah Trunoyudo.

Sebelumnya diwartakan Viva.co.id, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran menilai, beberapa waktu belakangan ini preman merajalela di Ibu Kota.