BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia hingga Dua Hari ke depan

Waspada Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Dua hari ke depan
Waspada Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Dua hari ke depan (Foto : Ilustasi - antvklik)

Antv – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan di Indonesia pada 23-24 Februari 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo, Rabu (22/2/2023).

Ia mengemukakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara dan Laut Jawa bagian timur," katanya.

Kondisi itu, Eko Prasetyo mengatakan, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan barat P. Simeulue-Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Enggano-barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-P. Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa Tengah, Samudra Hindia Selatan NTT, Laut Sawu, perairan P. Sawu-Rote-Kupang.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di perairan selatan Kep. Anambas-Kep. Natuna, perairan timur P. Lingga-P. Bintan, Laut Natuna, perairan selatan Kalimantan, Selat Makasar bagian selatan, perairan P. Selayar-Sabalana, Laut Flores, perairan Sermata-Kep. Tanimbar, perairan Kep. Sangihe-Kep. Talaud, Laut Maluku, perairan barat dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur-NTB, perairan utara Kep. Anambas-Kep. Natuna.