Tanamkan Budaya Dispilin, Dirgakkum Korlantas Polri Ajak Anggota Belajar dari Kepolisian Jepang

Dirgakkum Korlantas Polri Ajak Anggota Belajar dari Kepolisian Jepang
Dirgakkum Korlantas Polri Ajak Anggota Belajar dari Kepolisian Jepang (Foto : Korlantas Polri)

Antv –Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memberikan motivasi kepada personelnya untuk mengambil pelajaran dari anggota Kepolisian Jepang.

Menurut Aan, budaya disiplin masyarakat Jepang sudah ditanamkan sejak masih Taman Kanak-Kanak.

“Sejak kecil sudah diajarkan dengan mencintai transportasi massal, yaitu kereta Api. Fieldtrip dan jalan-jalan tujuannya ke Kereta Api. Mainan paling populer di Jepang yaitu Kereta Api,” kata Aan, saat menggelar apel pagi di halaman gedung Korlantas, Rabu (22/2/2023).

Dari kecil tambah Aan, warga Jepang dikenalkan dengan toleransi, budi pekerti dan mencintai negara lewat permainan. Oleh karena itu, saat dewasa, mereka akan disiplin.

Bercermin hal itu, kata Aan, polisi bertugas lebih banyak pada Dikmas karena kondisi lalulintas sudah disiplin dan tertib.

“Lalulintas cermin budaya bangsa. Maka dari itu tugas kita luar biasa dalam membangun budaya bangsa, merubah perilaku. Ini harus disadari bagi kita sebagai pengemban lalulintas,” tambah Aan.

Pada umumnya lanjut Aan, masyarakat mengetahui tugas polisi lalulintas hanya turjagwali, mengurus SIM, STNK dan BPKB saja.