Erdogan : Terima Kasih INASAR! Terima Kasih Indonesia!

Presiden Erdogan Bertemu Tim INASAR di Antakya, Turki
Presiden Erdogan Bertemu Tim INASAR di Antakya, Turki (Foto : Kemlu.go.id)

Antv – Dua pekan pasca gempa dahsyat pada 6 Februari 2023, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengundang sejumlah perwakilan Urban Search and Rescue (USAR) yang terdiri dari 20 pemimpin tim SAR beberapa negara di Antakya, Turki pada Senin 20 Februari 2023. 

Pemimpin tim SAR Indonesia atau INASAR Yopi Hariyadi turut serta dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu. Yopi menyampaikan bahwa Presiden Erdogan berterima kasih atas bantuan tim INASAR yang telah bekerja dengan baik. Ucapan tersebut ditanggapi pula oleh Yopi. 

"Kami menyampaikan atas nama bangsa Indonesia, ini merupakan suatu kehormatan dapat membantu saudara kami masyarakat Turki. Indonesia juga membawa tim EMT untuk memberikan bantuan medis," kata Yopi kepada Presiden Erdogan dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri. 

img_title
Personel INASAR di Provinsi Hatay, Turki.. (Foto: Basarnas)

Seperti diberitakan sebelumnya, INASAR yang berkekuatan 3 anjing pelacak serta 48 personel yang memiliki sertifikasi International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) dan Urban Search and Rescue (USAR) tingkat medium itu menjalani misi kemanusiaan dibawah komando USAR dan AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki). 

INASAR mendirikan basis pos operasi di Hatay Expo, Provinsi Antakya, Turki bersama dengan perwakilan beberapa negara seperti Swiss, Australia dan Argentina.