Gawat! Kanal Kota Venesia Mengering, Italia Waswas

Kanal Kota Venesia Mengalami Kekeringan
Kanal Kota Venesia Mengalami Kekeringan (Foto : Manuel Silvestri/ Reuters)

Antv – Musim dingin yang kering terus terjadi selama beberapa pekan terakhir telah menimbulkan kekuatiran bahwa Italia akan kembali mengulangi masa kekeringan terburuk seperti yang terjadi pada bulan Juli 2022 silam. 

Para ilmuwan serta organisasi lingkungan juga menyuarakan kecemasan yang serupa seiring curah hujan salju yang turun di pegunungan Alpen berada dibawah angka normal 

Seperti yang dilansir The Guardian, peringatan dini yang tampak jelas di depan mata terlihat dari kondisi kota Venesia sekarang, padahal dahulu masalah banjir selalu menjadi perhatian utama, tetapi kini justru sebaliknya, kota Venesia menghadapi masalah surutnya ketinggian air.

img_title
Sejumlah Turis Menyaksikan Kanal Kota Venesia Mengering. (Foto: Manuel Silvestri/ Reuters)

Saking ekstrimnya, perahu-perahu gondola tidak dapat beroperasi, juga taksi dan ambulans air tidak dapat lagi menyusuri kanal-kanal Venesia yang terkenal indah itu. 

The Guardian mencatat kondisi ini disebabkan oleh berbagai permasalahan yang membebani kota Venesia diantaranya minimnya curah hujan,  fase bulan penuh hingga faktor ketinggian air maupun arus gelombang laut. 

img_title
Kanal Kota Venesia Mengering, Perahu Tidak Beroperasi. (Foto: Tangkapan Layar The Guardian)