Wapres Ma’ruf Amin Pesan ke Kapolri Benahi Skandal Internal Polri

Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto : Istimewa)

AntvWakil Presiden Ma’ruf Amin berpesan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk secepatnya benahi perilaku anggota Polri yang bermasalah dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

Pesan itu disampaikan Ma’ruf Amin dalam sambutan acara Anugerah Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja PPP dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri.

Ma'ruf mengatakan, saat ini tindakan yang dilakukan Polri bakal diawasi oleh seluruh masyarakat. Oleh karena itu, dia menilai perbuatan yang dilakukan oleh anggota Polri akan dapat membuat resah masyarakat.

"Kita semua menyadari, setiap skandal yang timbul dari tubuh institusi kepolisian di negara manapun, pasti akan memicu keresahan, protes, bahkan agitasi publik," kata Ma'ruf Amin di Mabes Polri, Selasa 21 Februari 2023.

Dilansir dari Viva.co.id, Wakil Presiden itu menjelaskan anggota Polri tidak mungkin bisa bersembunyi dari pengawasan publik. Pasalnya ditengah era media sosial saat ini, masyarakat dapat memantau seluruh tingkah laku polisi dari setiap pelosok daerah.

"Mata publik yang awas terhadap kinerja Polri menjadi penanda hubungan yang erat antara Polri dan masyarakat," kata dia.

Oleh sebab itu, Ma'ruf berharap Polri dapat terus membangun interaksi positif dengan masyarakat. Sehingga dapat mempercepat Korps Bhayangkara dalam melakukan reformasi.