Tingkatkan Konektivitas Antar Wilayah, Pemerintah Genjot Pembangunan Jalan Perbatasan Tahun 2023

Pemerintah Genjot Pembangunan Jalan Perbatasan Tahun 2023
Pemerintah Genjot Pembangunan Jalan Perbatasan Tahun 2023 (Foto : Kementerian PUPR)

AntvPemerintah pada tahun 2023 menargetkan pembangunan jalan perbatasan sejauh 3.770 km terus berjalan hingga akhir tahun 2024.

Pembangunan ini bertujuan meningkatkan konektivitas antar wilayah atau membuka akses daerah terisolir, juga sebagai pemerataan hasil-hasil pembangunan di luar Pulau Jawa.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun secara bertahap melanjutkan pembangunan jalan perbatasan di Kalimantan dan Papua.

“Jaringan jalan perbatasan ini merupakan infrastruktur yang bernilai strategis bagi NKRI dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara dan mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Adapun target kondisi konstruksi jalan perbatasan adalah perkerasan aspal sepanjang 1.717 km, agregat 1.000 km, tanah 434 km, sehingga kemungkinan masih menyisakan 198 km berupa hutan.

Pekerjaan pengaspalan diprioritaskan pada area yang sudah ada permukiman atau padat penduduk serta terdapat fasilitas umum seperti Puskesmas, pasar, sekolah, dan kantor pemerintahan.

Di Pulau Kalimantan, jalan perbatasan membentang dari Kalimantan Timur sepanjang 2.084 km, Kalimantan Utara sepanjang 970 km, dan Kalimantan Barat sepanjang 813 km.