Kapolri Sebut Cuaca Buruk Penyebab Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Jatuh

Tangkap layar lokasi jatuhnya helikopter rombongan Kapolda Jambi.
Tangkap layar lokasi jatuhnya helikopter rombongan Kapolda Jambi. (Foto : Istimewa)

AntvKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat karena mengalami gangguan cuaca buruk dan berkabut sehingga jarak pandang terbatas.

“Informasi awal yang kami dapatkan bahwa helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait cuaca buruk dan jarak pandang serta kabut,” kata Listyo di Jakarta, Minggu, 19 Februari 2023.

Jenderal bintang empat itu menjelaskan, Kapolda Jambi berangkat menggunakan helikopter milik Polri untuk menghadiri peresmian salah satu kantor polisi di wilayah Kerinci.

Helikopter jenis Bell 412 SP Reg. P-3001 yang mengangkut delapan orang penumpang yang terdiri atas Kapolda Jambi, Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Kompol A Yani Jambi dan seorang ADC Kapolda Jambi, serta tiga kru helikopter AKP Ali , AKP Amos F, Aipda Susilo mengalami hilang kontak pada pukul 11.20 WIB.

“Kemudian kami mendapat informasi bahwa telah dilakukan pendaratan darurat dan, alhamdulillah, saat ini kita sudah mendapat informasi bahwa dari penumpang yang berjumlah delapan orang, semua masih dalam kondisi selamat walau ada beberapa yang terluka,” kata Sigit.

Diwartakan Viva.co.id, beberapa di antara rombongan Kapolda Jambi yang ikut dalam penerbangan tersebut bisa berkomunikasi baik, sehingga didapatkan informasi keberadaan serta kondisi personel Polri tersebut. Walaupun komunikasi tersebut tidak lancar, namun posisi koordinat helikopter mendarat darurat telah diketahui.

“Di antara mereka juga bisa berkomunikasi dengan kami walaupun kadang kala ada kesulitan namun di satu sisi kami telah mengetahui titik koordinat bagaimana helikopter tersebut melakukan pendaratan darurat,” kata Sigit.