KPK Bawa Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham ke Jakarta Hari Ini

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (tengah).
Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (tengah). (Foto : Pemkab Mamberamo Tengah)

Antv –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan telah menangkap Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) pada hari Minggu, 19 Februari 2023. Menurut Ketua KPK, Firli Bahuri, pihaknya akan membawa RHP ke gedung KPK Jakarta untuk menjalani proses pemeriksaan pada hari ini, Senin 29 Februari 2023.

"Rencana besok pagi (hari ini) tersangka RHP akan dibawa ke Jakarta untuk menjalani proses hukum atas dugaan tindak pidana korupsi," kata Firli, Minggu, 19 Februari 2023.

Atas keberhasilan penangkapan RHP beserta penghubungnya hari ini, Firli pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu KPK.

"Ini kerja sama antaraparat baik KPK, Polda Papua, TNI. Semua kita tuntaskan jika kita bisa bersama, bersatu, bahu-membahu," ujarnya.

Diketahui dilansir dari Viva.co.id, sebelumnya Firli juga melaporkan bahwa selain berhasil meringkus Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP), mereka juga berhasil menangkap penghubung Ricky yang masuk dalam DPO tersebut.

Dia menjelaskan, pada Sabtu (18/2) sore, KPK memperoleh info terkait lokasi persembunyian RHP. Terpantau, pada hari Minggu (19/2) pagi sampai siang, RHP ada di suatu lokasi di Abepura dan tidak ada pergerakan.

"Sekitar pukul 15.00 WIT dilakukan penangkapan terhadap penghubung RHP," kata Firli.