Terungkap, Jejak Digital Terakhir Menunjukkan Dosen UII yang Hilang Berada di Turki

Profil Ahmad Munasir Rafie Pratama, Dosen UII yang Hilang
Profil Ahmad Munasir Rafie Pratama, Dosen UII yang Hilang (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – Universitas Islam Indonesia (UII) terus melakukan pelacakan terkait keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) yang dikabarkan hilang usai mengunjungi Norwegia. Salah satunya dengan melacak melalui jejak digital dari yang bersangkutan.

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan penggalian jejak digital yang dilakukan oleh Tim Pusat Krisis UII menyimpulkan bahwa AMRP berada di Turki.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa AMRP sudah meninggalkan Oslo, Norwegia, dan sudah berada di Istanbul, Turki," kata Fathul Wahid dikutip dari laman resmi UII, Minggu (19/2/2023).

Dijelaskan Fathul, pihaknya menemukan rekaman aktivitas sign out Google Drive milik AMRP pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.57 waktu setempat.

Selain itu, Tim Pusat Krisis UII juga menemukan jejak digital lain berupa sambungan internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII.

"Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023," ungkap Rektor.

Selain dari upaya pelacakan digital secara mandiri, lanjut Fathul, pihaknya juga mendapatkan informasi dari KBRI Oslo, Norwegia.