Diduga Korupsi Dana Desa Rp425 Juta, Kades Kalitorong, Pemalang, Ditangkap

Tersangka S saat Dihadirkan dalam Konferensi Pers.
Tersangka S saat Dihadirkan dalam Konferensi Pers. (Foto : Antvklik/Edi Mustofa)

Antv – Satreskrim Polres Pemalang berhasil mengamankan seorang oknum Kepala Desa yang berinisial S (61) yang diduga menyalahgunakan Keuangan Desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2020 Desa Kalitorong, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Pada saat konferensi pers yang digelar di Media Center Wicaksana Laghawa Polres Pemalang pada Kamis (16/02/2023), Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, diduga S selaku Kepala Desa yang bertindak sebagai Bendahara atau juru bayar dan pelaksana kegiatan tidak memfungsikan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) sebagaimana mestinya.

"Diduga tersangka S mengeluarkan uang desa yang bukan beban APBDes, menggunakan keuangan desa untuk kepentingan pribadi dan membuat keputusan tanpa musyawarah dengan Perangkat Desa maupun BPD," kata AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya.

 

img_title
Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya Menunjukkan Barang Bukti. (Foto: Antvklik/Edi Mustofa)

 

Akibat perbuatan tersangka, Kapolres Pemalang mengatakan, Desa Kalitorong, Randudongkal, Pemalang mengalami kerugian keuangan kurang lebih Rp 425 juta.