Kapolda Papua Tegaskan TNI - Polri Tak Akan Gentar Hadapi KKB

Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri
Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri (Foto : Humas Polda Papua)

Antv – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, menegaskan bahwa TNI-Polri siap dan tidak akan mundur dengan siapapun termasuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Tengah.

Menurut Mathius, sejak awal, Polri telah berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menyelamatkan pilot Susi Air Capt. Phillip Mark Marthens yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Upaya penyelamatan yang dilakukan Polri melalui Satgas Damai Cartenz yang sudah kita siapkan ini bisa maksimal dan mudah-mudahan mendapat hasil juga yang sangat baik,” ungkap Mathius dalam keterangan resminya, Rabu (15/2/23).

Lebih lanjut, Mathius mengatakan, pemuka agama dan tokoh masyarakat termasuk Bupati berperan melakukan pendekatan kepada KKB, bukan hanya TNI dan Polri.

“Kami yakin dan percaya sentuhan dari masyarakat itu bisa mengubah keputusan mereka, mudah-mudahan mereka luluh dan kita bisa dapat apa diinginkan serta penyelamatan pilot Susi Air itu bisa kita lakukan,” jelas Mathius.

Hingga kini upaya penyelamatan pilot Susi Air masih dilakukan bersama pemerintah Selandia Baru.

Menko Polhukam Mahfud MD memastikan, upaya persuasif akan dilakukan demi keselamatan pilot tersebut.