Diguyur Hujan Deras, 5 Kecamatan di Klaten Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras, 5 Kecamatan di Klaten Terendam Banjir
Diguyur Hujan Deras, 5 Kecamatan di Klaten Terendam Banjir (Foto : antvklik-Agus S)

Antv – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dari Selasa (14/2/2023) hingga Rabu (15/2/2023), menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Sri Winoto, mengungkapkan, banjir melanda di sejumlah desa di lima kecamatan, yakni Karangdowo, Cawas, Bayar, dan Wedi. Meski demikian tidak ada warga yang mengungsi.

"Ini kami masih mengumpulkan data sekaligus assesmen dan cek lokasi. Data sementara yang kita ketahui yakni di Karangdowo, Cawas, Bayat, dan Wedi. Ada sebagian masuk rumah," ujarnya, Rabu (15/2/2023).

Sri Winoto mengatakan, banjir terjadi akibat sejumlah sungai meluap usai diguyur hujan deras pada Selasa dan Rabu. Selain air meluap, derasnya arus air juga mengakibatkan sejumlah tanggul sungai jebol.

"Sebagian besar rata-rata karena luapan sungai dan ada yang karena tanggul jebol. Alhamdulillah tidak ada yang mengungsi," ujarnya.

Salah satu warga Cawas yang terdampak banjir, Waljiati, menuturkan, banjir masuk di lingkungan perkampungan sejak Rabu pagi dan debit air terus naik hingga Rabu siang. Bahkan, banjir mulai masuk rumah.

"Ketinggian air bervariasi. Kalau yang masuk rumah setinggi sekitar 20 centimeter. Banjir kali ini yang terbesar sejak sebulan terakhir," ujarnya.