Terkait Vonis untuk Eliezer Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa, Ini Kata Menko Polhukam Mahfud MD

Vonis untuk Eliezer Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa
Vonis untuk Eliezer Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD buka suara terkait vonis hakim terhadap Richard Eliezer lebih rendah dari tuntutuan jaksa.

Mahfud MD membantah anggapan bahwa jaksa penuntut umum (JPU) gagal menangani kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hal itu disampaikan Mahfud saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, (15/2/2023).

Lebih lanjut Mahfud mengatakan JPU tidak bisa dianggap gagal dalam menangani kasus hanya karena vonis yang dijatuhkan hakim terhadap terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E lebih rendah daripada tuntutan JPU.

"Jangan dikira bahwa jaksa itu gagal. Itu justru yang dibacakan oleh hakim itu kan konstruksi jaksa semua, cara pembuktian dan lain sebagainya; cuma vonisnya yang beda," kata Mahfud.

Mahfud menilai, penindakan kasus pembunuhan berencana Yosua oleh polisi, kejaksaan, dan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan berjalan sangat baik.

"Ini sudah luar biasa, itu. Pertama, polisi melakukan penyidikan, kemudian dilimpahkan ke kejaksaan, diperbaiki lagi, dan ini semua jadi konstruksi hukum yang bagus. Hakimnya bagus sekali," jelasnya.