Bukit Longsor, 20 KK di Ngadirojo Pacitan Mengungsi

Suasana Pengungsian Warga di Desa Wonodadi Kulon, Pacitan.
Suasana Pengungsian Warga di Desa Wonodadi Kulon, Pacitan. (Foto : Antvklik/Agus Wibowo)

Antv – Bukit Kemuning yang berada di Dusun Ketos, Desa Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur longsor pada Selasa (14/02/2023) sekira pukul 21.30 WIB.

Personil Polsek Ngadirojo, Koramil Ngadirojo dan Sie Trantib Kecamatan Ngadiorojo mengimbau warga RT 01 RW 03 Dusun Ketos Desa Wonodadi Kulon untuk segera menjauh atau mengungsi sementara ke tempat yang aman.

Iptu Suyitno, Kapolsek Ngadirojo menjelaskan bahwa di wilayah Kecamatan Ngadirojo terjadi hujan dengan intensitas sedang sejak Selasa (14/02/2023) sore sekitar pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Hujan yang mengguyur dengan durasi waktu cukup lama tersebut mengakibatkan bukit dengan ketinggian lebih 150 meter longsor.

"Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Ngadirojo sebabkan bukit di Desa Wonodadi Kulon longsor," jelasnya.

Iptu Suyitno menambahkan perbukitan yang longsor berpotensi mengarah ke pemukiman. Untuk langkah antisipasi sementara sebanyak 20 kepala keluarga yang terdiri dari 75 jiwa diungsikan ke tempat lebih aman.

"Kondisi sampai Selasa (14/02/2023) malam hujan masih mengguyur lokasi. Perbukitan dengan komposisi batu-batu besar berpotensi terjadi longsor susulan. Tempat pengungsian yang disiapkan berada di Balai Dusun Ketos dan memanfaatkan kios-kios kosong dan kini ada 75 jiwa mengungsi," tambahnya.