Kemenkes Sebut Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal Dinyatakan Negatif

Kemenkes Sebut Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal Dinyatakan Negatif
Kemenkes Sebut Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal Dinyatakan Negatif (Foto : Kemenkes RI)

Antv – Satu pasien suspek Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) di Jakarta telah dinyatakan negatif. Pasien berusia 10 tahun ini, sebelumnya dilaporkan mengalami demam pada 26 Januari dan ada keluhan tidak bisa buang air kecil (Anuria).

Sementara satu pasien lainnya yang dirawat di RSUD Dr. Moewardo Surakarta, Jawa Tengah, tidak termasuk ke dalam kategori GGAPA karena mengalami gagal ginjal yang disebabkan oleh penyakit bawaan.

“Keduanya bukan pasien terkonfirmasi GGAPA” ujar juru bicara Kementerian Kesehatan dr. M Syahril di Jakarta (10/2/23).

Kasus ganguan gagal ginjal akut muncul kembali pada 25 Januari 2023, setelah dilaporkan nihil awal Desember 2022.

Satu kasus konfirmasi GGAPA dialami anak berusia 1 tahun dengan riwayat mengkonsumsi obat sirup penurun demam yang dibeli di apotek.

Setelah melalui pemeriksaan medis, pasien ternyata memiliki gejala GGAPA. Pasien kemudian dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan perawatan intensif sekaligus terapi fomepizole. Namun 3 jam setelah di RSCM pada pukul 23.00 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan hasil studi kasus kontrol yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan di bulan November terhadap kejadian GGAPA, didapatkan anak-anak yang mengkonsumsi obat yang mengandung EG/DEG diatas ambang batas berisiko mengalami GGAPA 13 kali dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi obat tersebut.