HPN 2023, Anggota Komisi III DPR Agustiar Sabran Harap Pers Tetap Jadi Penjaga Keseimbangan Negera

Agustiar Sabran Berharap Pers Tetap Jadi Penjaga Keseimbangan Negera
Agustiar Sabran Berharap Pers Tetap Jadi Penjaga Keseimbangan Negera (Foto : Istimewa)

Antv – Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang jatuh tiap 9 Februari, Anggota Komisi III DPR RI, Agustiar Sabran mengatakan, pers memiliki peran krusial di era kemajuan informasi.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia mendukung jurnalisme sehat dan berkualitas demi kemajuan pers nasional.

Menurut Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu, di tengah banjir bandang informasi, terutama media sosial, pers nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai clearing house. Sehingga, publik tidak terombang-ambing oleh desas-desus dan berita hoaks.

“Jurnalisme sehat dan bermutu sangat diperlukan menghadapi tahun politik. Publik harus diajak berpikir kritis dan substantif sehingga kehadiran pers nasional memperkuat dan menyehatkan demokrasi,” kata Agustiar.

Dengan tema HPN 2023 Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat, Agustiar juga mengajak seluruh insan pers untuk terus menanamkan nilai-nilai jurnalisme.

Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng itu menyebut, pers harus terus menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Dia juga berharap. pers jadi garda terdepan untuk membangkitkan kearifan lokal yang mulai tergerus oleh digitalisasi dan globalisasi
contohnya gotong royong persatuan

“Bagi insan pers, teruslah bekerja secara profesional dan bertanggung jawab sesuai Kode Etik Jurnalistik. Hadirkanlah produk-produk jurnalisme yang sehat, berkualitas, serta bermartabat,” ucapnya.

"Teruslah, menjaga keseimbangan Negera, Jadi garda terdepan untuk membangkitkan kearifan lokal yg mulai tergerus. Apalagi setelah pandemi negeri ini harus bangkit agar terhindar dari resesi global yang ada di depan mata untuk itu  peran pers sangat dibutuhkan," harapnya.