KPK Pastikan Lukas Enembe Sehat Bisa Mandi Sendiri, Tak Perlu ke Singapura

Tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe tiba di Gedung KPK.
Tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe tiba di Gedung KPK. (Foto : Viva)

Antv –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memastikan bahwa tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe dalam keadaan sehat dan bisa beraktifitas sehari-hari. KPK tidak akan merujuk Lukas Enembe ke Singapura.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK, hasil koordinasi dengan sejumlah instansi ternyata Enembe dinyatakan sehat wal afiat.

"KPK bersama Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta RSPAD terus intens melakukan koordinasi dan memastikan bahwa selama menjalani masa tahanannya, kondisi kesehatan Tersangka LE dinyatakan baik dan sehat," kata Ali Fikri, Selasa, 7 Febuari 2023.

Dilansir dari Viva.co.id, Ali menyampaikan kesehatan Enembe masih terus dipantau oleh tim dokter dari KPK. Kata dia, kondisi Enembe dipantau kesehatannya selama kurang lebih 4 kali.

"Dari pemeriksaan tersebut diketahui tersangka LE bisa melaksanakan kegiatan sehari-hari. Bisa berbicara, makan dan minum, minum obat sendiri, berganti pakaian sendiri, bahkan bisa mandi sendiri," tutur Ali.

Adapun, tim dokter hingga gabungan petugas keamanan dan juga KPK menyatakan Enembe dalam kondisi sehat. Ali menyebutkan Enembe tidak perlu dibawa terbang ke Singapura.

"Hasil pemeriksaan kesehatan tersangka LE juga dinyatakan fit for interview dan fit for stand to trial. Sehingga sampai sejauh ini, tersangka LE tidak perlu dirujuk ke Singapura. Terlebih fasilitas kesehatan di Indonesia memadai," kata Ali.