Kesal Digugat Cerai, Pria Asal Tanggamus Lampung Culik dan Cabuli Anak Tiri

Polisi Bekuk Pelaku Penculikan dan Pencabulan Anak Tiri
Polisi Bekuk Pelaku Penculikan dan Pencabulan Anak Tiri (Foto : Antvklik/Pujiansyah)

Antv – Berdalih kesal karena digugat cerai oleh istrinya, Dimas Yulianto (42), warga Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung nekat menculik dan membawa kabur anak tirinya. Bahkan, ia juga melakukan pelecehan seksual terhadap anak tirinya di lokasi persembunyiannya di wilayah Jakarta Selatan.

Pelaku ditangkap Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Bandar Lampung setelah menerima laporan dari ibu korban. Tersangka membawa kabur anak tirinya berinisial P (9) berstatus pelajar kelas 3 sekolah dasar di Bandar Lampung saat saat hendak pergi ke sekolah pada akhir Januari 2023.

Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra mengatakan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan peristiwa penculikan terhadap anak perempuan di bawah umur yang merupakan anak tiri dari pelaku yang dilaporkan tersebut, pada 24 Januari 2023.

"Jadi beberapa hari disekap di wilayah Jakarta Selatan, pelaku melakukan penganiayaan dan penyiksaan terhadap anak tirinya. Dia menyiksa dengan menempatkan di kamar mandi, memberikan makan hanya sekali, selanjutnya melakukan pelecehan seksual terhadap anak tirinya itu," kata Kompol Dennis Arya Putra, Selasa, 7 Februari 2023.

Menurut Dennis, tindakan itu dilakukan pelaku karena itu dilatarbelakangi kesal dan sakit hati setelah digugat cerai oleh ibu korban. Pelaku kemudian membuat rencana untuk menculik dan membawa kabur korban agar ibunya mau kembali rujuk.

"Si pelaku merasa dendam, dia juga mengirimkan pesan ke ibu korban dengan isi 'jika tidak dapat ibunya, maka dapat anaknya pun jadi'," ungkap Kompol Dennis.

Saat ditanya apakah ada pelaku lain dalam aksi penculikan dan penyekapan ini, Dennis mengungkapkan bahwa pelaku melakukan aksinya seorang diri dan motifnya karena dendam.