Tiga Orang Pekerja Tambang Tewas Tertimbun Longsor di Cianjur, Jawa Barat

Tanah longsor di area tambang pasir Cianjur, Jawa Barat.
Tanah longsor di area tambang pasir Cianjur, Jawa Barat. (Foto : BNPB)

Antv –Peristiwa tanah longsor terjadi di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (4/2/2023) dini hari. Longsor terjadi saat para pekerja melakukan penambangan pasir di lokasi tersebut, sehingga menyebabkan tiga orang tertimbun longsor dan ditemukan meninggal dunia.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Senin (6/2/2023), ketiga korban meninggal merupakan operator alat berat yang sedang melakukan penambangan.

Longsor tersebut juga menyebabkan enam alat berat terdiri dari tiga truk dan tiga excavator turut tertimbun.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim gabungan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat, melakukan assesment dan mengevakuasi korban.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada semua unsur di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi basah di periode puncak musim hujan seperti banjir dan longsor. Perhatikan kondisi lereng saat melakukan pekerjaan galian di lokasi berizin.

Pascagempa Cianjur akhir tahun lalu, banyak rekahan-rekahan tebing yang mungkin tidak terlihat dan sangat labil. Gunakan selalu prosedur keamanan dan keselamatan kerja saat melaksanakan kegiatan di kawasan rawan longsor.