Tragis! Pasien Ginjal Akut Meninggal Dunia Usai Minum Sirop Praxion

Tragis! Pasien Ginjal Akut Meninggal Dunia Usai Minum Sirop Praxion
Tragis! Pasien Ginjal Akut Meninggal Dunia Usai Minum Sirop Praxion (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan telah terjadi satu kasus baru terkait obat sirop, pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) meninggal dunia.

Pasien dinyatakan meninggal dunia usai mengalami demam dan mengkonsumsi obat sirop berlabel Praxion

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, kasus itu terungkap usai pasien menunjukkan gejala sejumlah gejala. Salah satunya, tidak dapat buang air kecil atau anuria. 

"Satu kasus konfirmasi GGAPA merupakan anak berusia 1 tahun, mengalami demam pada tanggal 25 Januari 2023. Kemudian diberikan obat sirop penurun demam yang dibeli di apotek dengan merk Praxion," kata Syahril dalam keterangan pers virtual, Senin (6/2/2023). 

Diketahui, ada dua gejala yang identik dengan penyakit GGAPA ini. Pertama, pasien mengalami penurunan frekuensi buang air kecil (oliguria) atau sama sekali tidak buang air kecil (anuria). 

Syahril menegaskan, Kemenkes akan kembali mengeluarkan surat kepada seluruh Dinas Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan. Surat itu terkait dengan kewaspadaan tanda klinis GGAPA dan penggunaan obat sirop. 

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan perintah penghentian sementara produksi dan distribusi. Perintah itu dilakukan terhadap obat yang dikonsumsi pasien meninggal dunia hingga investigasi selesai dilakukan.