Imlek di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Ada Lontong Cap Go Meh

Warga Antusias Menyaksikan Permainan Liang Liong dan Barongsai
Warga Antusias Menyaksikan Permainan Liang Liong dan Barongsai (Foto : Antvklik /Agung Wibowo)

Antv –Ada yang membetot perhatian di perayaan Cap Go Meh, sebagai rangkaian peringatan Tahun Baru Imlek 2574 di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Minggu malam, 5 Februari 2023.

Ada sajian Lontong Cap Go Meh, makanan yang jadi pembeda dengan perayaan serupa di China.

Hal tersebut disampaikan Ketua TTID Klenteng Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko. Ada yang lain di perayaan Cap Go Meh di Blora dengan yang ada di Cina. Yakni, adanya makanan khas Lontong Cap Go Meh.

"Perayaan Cap Go Meh di sini yang paling khas adalah Lontong Cap Go Meh. Kalau cari di China tidak ada. Itu adalah bukti budaya Tionghoa di Indonesia turut berakulturasi dengan budaya Indonesia," ujar Budilistijo.

Tak hanya menikmati Lontong Cap Go Meh. Begitu alat musik pengiring ditabuh, sontak menjadi magnet yang menyedot warga masyarakat untuk menyaksikan hiburan tradisional itu. Suasana makin semarak, ketika pemain liang liong dan barongsai dari kelompok Naga Mustika mulai tampil di altar Klenteng Hok Tik Bio Blora. Warga pun terhibur dengan berbagai atraksi yang dilakoni para pemain barongsai.

"Sangat senang, ini sangat menghibur buat warga Blora, saya berharap pertunjukan seperti ini sering diadakan tidak hanya pas perayaan Cap Go Meh saja," ujar Siti, salah seorang penonton.

Selain itu, di acara yang menjadi hari terakhir rangkaian masa perayaan Imlek di Klenteng Hok Tik Bio Blora, hadir Bupati Blora, H. Arief Rohman, bersama Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati. Menurut Bupati Arief, perayaan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian Tahun Baru Tionghoa itu, menjadi ajang mengenang sosok Presiden RI ke 4, K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.