Diawali Bunyi Dentuman, Tebing Gunung Sesean Longsor Timpa 6 Rumah Warga

Diawali Bunyi Letusan, Tebing Gunung Sesean Longsor Timpa 6 Rumah
Diawali Bunyi Letusan, Tebing Gunung Sesean Longsor Timpa 6 Rumah (Foto : antvklik-Joni Banne Tonapa)

Antv – Tebing gunung Sesean di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, longsor, menimpa 6 rumah warga, Sabtu (4/2/2023).

“Sebelum longsor diawali dengan bunyi dentuman keras, sehingga kami keluar rumah, setelah bunyi letupan kedua, kayu dan batu disertai lumpur secara tiba–tiba datang dari atas tebing dan menimpa rumah serta lumbung yang ada disekitar lokasi," ujar Elis Bussang, seorang warga yang rumahnya rusak ditimpa batu akibat longsor.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah perbukitan Sunung Sesean, membuat tebing setinggi 100 meter, yang berada di belakang pemukiman warga di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung, longsor hingga meluluh lantahkan tanaman padi dan permukiman warga.

img_title
Jejak Longsoran. (Foto: antvklik-Joni Banne Tonapa)

Lumpur bercampur batu berukuran besar yang meluncur dari arah perbukitan, membuat 6 unit rumah warga dan satu lumbung padi rusak parah, mengakibatkan dua puluh kepala keluarga terpaksa mengamankan diri ke lokasi yang lebih aman.

Selain lumpur, batu, batang pohon dan bambu juga menimpa rumah hingga menutup akses jalan penghubung kecamatan.

Akibatnya, sejumlah warga yang masih berada di daerah perbukitan saat ini terisolir, karena jalan utama yang biasa digunakan tertimbun material longsor.