BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Terjadi Hujan Disertai Petir

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Petir
BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Petir (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Antv – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan hasil prakiraan cuaca sebagian wilayah di Indonesia. Informasi ini berlaku untuk, Sabtu (4/2/2023).

Prakirawan BMKG Bertha Dwi Sanditya mengatakan, hujan dengan intensitas ringan diprakiirakan mendominasi sejumlah kota di Pulau Sumatra. Di antaranya Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, dan Padang. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di KotaPekanbaru, Palembang, dan Bengkulu.

"Perlu diwaspadai hujan disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di Kota Bandar Lampung dan Jambi," kata Bertha, seperti dikutip dari rri.co.id, Sabtu (4/2/2023).

Lebih lanjut Bertha menjelaskan, hujan disertai petir juga diprakirakan terjadi di sejumlah kota di Pulau Jawa seperti Yogyakarta dan Surabaya. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan terjadi di sejumlah kota seperti Serang, Jakarta, dan Semarang. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Bandung.

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di sejumlah kota di Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

"Seperti Denpasar, Mataram, dan Kupang. Sejumlah kota di Pulau Kalimantan diprakirakan juga hujan dengan intensitas ringan seperti Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, dan Tanjung Selor," tambah Bertha.

Kecuali, lanjut Bertha, kota Samarinda berawan tebal. Sementara itu, dua kota di Pulau Sulawesi, Kendari, dan Gorontalo diprakirakan berawan.