Jembatan Diterjang Banjir, Warga di Banjarnegara Nekat Seberangi Sungai

Jembatan Tak Diperbaiki, Warga Nekat  Seberangi Sungai
Jembatan Tak Diperbaiki, Warga Nekat Seberangi Sungai (Foto : Antvklik | Ronaldo Bramantyo)

AntvJembatan penghubung antar kecamatan tak kunjung diperbaiki, warga di Banjarnegara, Jawa Tengah, nekat seberangi sungai dengan arus deras dan berbahaya.

Jembatan yang merupakan akses vital ini rusak akibat terjangan banjir yang terjadi pada bulan oktober 2022 lalu. Namun hingga kini, kondisi jembatan yang rusak belum mendapat penanganan dari pihak terkait, sehingga membuat warga sekitar tetap nekat seberangi sungai.

Jembatan sepanjang kurang lebih 30 meter ini berada di Desa Sipedang, Kecamatan Banjarmangu.

keberadaannya menjadi akses penghubung antar Kecamatan Banjarmangu dan Kecamatan Punggelan, Banjarnegara, saat menyeberangi aliran sungai Kacangan.

Menurut warga Desa Sipedang, Tumini, jembatan penghubung tersebut merupakan akses vital bagi perekonomian warga Banjarmangu dan warga Punggelan.

Tak hanya untuk ekonomi, namun juga untuk akses kesehatan dan pendidikan, karena akses dirasa lebih dekat jika melewati jembatan tersebut.

“Karena saya butuh, jembatannya rusak, saya bekerjanya di Desa Telaga, meski takut ya saya terpaksa menyebrangi sungai karena kalau memutar sangat jauh," katanya saat ditemui dilokasi jembatan, Senin (30/01/23).