BMKG Ingatkan Potensi Hujan dan Petir di Akhir Januari 2023

Ilustrasi hujan.
Ilustrasi hujan. (Foto : TMC Polda Metro Jaya.)

Antv –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi terjadinya hujan yang disertai petir serta angin kencang bisa terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada akhir Januari 2023.

Mengutip dari laman ramalan cuaca BMKG, lembaga itu memberikan peringatan dini akan terjadinya potensi tersebut.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Bener Meriah, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tenggara, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara dan sekitarnya," tulis BMKG dikutip dari laman resminya, Senin 30 Januari 2023.

Di beberapa wilayah di Sumatera seperti Jambi hingga Bangka Belitung, juga diprediksi akan mengalami hujan. Di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Bali, BMKG juga mengingatkan akan potensi angin kencang walau singkat.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali," jelas BMKG.

Di Pulau Jawa, hujan petir juga berpotensi akan turun di banyak wilayah. Seperti di DKI Jakarta, terutama dini hari nanti di pesisir utara.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakut dan Kepulauan Seribu pada dini hari," tulis BMKG.