Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Lontarkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi  Lontarkan Abu Setinggi 1000 Meter
Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi Lontarkan Abu Setinggi 1000 Meter (Foto : Twitter PVMBG)

Antv – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan adanya aktivitas vulkanik yang terjadi di Gunung Ibu, Maluku Utara, berupa lontaran abu setinggi lebih kurang 1000 meter di atas puncak gunung api tersebut, Minggu (29/01/2023).

Berdasarkan info akun twitter PVMBG, erupsi Gunung Api Ibu atau Gunung Ibu di Maluku Utara terjadi sekitar pukul 21:38 WIT.

Dari pantauan, tnggi kolom letusan teramati sekitar 1000 meter di atas puncak atau 2325 m di atas permukaan laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 65 detik. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur.

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan, agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 Km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 Km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Masyarakat yang beraktivitas diluar rumah, diimbau untuk menggunakan masker dan kacamata untuk menghindari terpaan hujan abu.