Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Berukuran Besar Tumbang Timpa Mobil dan Rumah

Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Berukuran Besar Tumbang
Tak Ada Angin dan Hujan, Pohon Berukuran Besar Tumbang (Foto : antvklik-Ikbal Arsyad)

Antv – Sebatang pohon berukuran besar berusia 20 Tahun Tumbang dan penimpah rumah dan mobil berwarnah merah di Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara, KotaTernate, Maluku Utara, Minggu (29/1/2023).

Akibat peristiwa yang tidak diketahui penyebabnya itu, sebuah rumah milik warga mengalami kerusakan di bagian atapnya.

Pohon jenis Trembesi yang bernama latin Samanea Saman tersebut, tumbang sekitar pukul 7.00 WIT, tanpa diketahui penyebabnya, karena kondisi cuaca sedang baik-baik saja saat kejadian. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, langsung bergerak cepat melakukan upaya evakuasi Batang Pohon dan pembersihan ranting pohon yang tumbang.

“Memang pada hari ini saya juga ada agenda untuk Ternate Utara. Tetapi tadi saat mau pangkas di wilyah utara, ternyata sudah tumbang. Mungkin ombas cuaca tidak bagus semalam, jadi tumbang. Tetapi kita juga antisipasi untuk pohon-pohon yang berada di sepanjang jalur ini.” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan, Muchlis Latif, Minggu (29/1/2023).

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ternate, Muhammad Ihsan Hamzah mengatakan, bangunan rumah yang rusak langsung ditangani oleh Pemerintah Kota Ternate, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, memberikan bantuan stimulan untuk biaya perbaikan keruskan bangunan.

“Peristiwa ini satu rumah rusak, kita langsung tangani berikan sedikit stimulan dari pemerintah kota,untuk biaya perbaikan rumah tersebut,” kata Ihasan, saat ditemui di lokasi kejadian.