Antusiasme Warga Jepang Saksikan Wayang Kulit Bali di Indonesia Japan Friendship Day 2023

Antusiasme Warga Jepang Saksikan Wayang Kulit Bali
Antusiasme Warga Jepang Saksikan Wayang Kulit Bali (Foto : KBRI Tokyo)

Antv – Menyambut 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar kegiatan terpadu Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka pada 27 – 29 Januari 2023.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami menjelaskan, IJFD di Hamamatsu ini merupakan kegiatan perdana KBRI Tokyo di 2023 dalam rangka merayakan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang.

“Tahun 2023 menjadi tahun yang penting bagi Indonesia dan Jepang berkenaan dengan 65 tahun hubungan bilateral kedua negara. Kota Hamamatsu ini spesial, karena menjadi tempat penyelenggaraan rangkaian IJFD pertama. Apresiasi kepada Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hamamatsu atas kerja sama yang terjalin,” ujar Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami yang didampingi Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Ali Sucipto, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno serta sejumlah pejabat dan staf KBRI Tokyo lainnya.

“Tahun 2023 juga menandai kepemimpinan Indonesia dan Jepang di kawasan. Indonesia adalah Ketua ASEAN, dan Jepang adalah Ketua G7. Keduanya merupakan organisasi dunia yang berpengaruh dalam perpolitikan dan perekonomian dunia. Pada 2023 ini, kedua negara akan merayakan 50 tahun hubungan ASEAN dan Jepang. Singkat kata, 2023 ini menjadi tahun yang penuh dinamika yang diharapkan semakin memperkuat hubungan Indonesia Jepang,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Hamamatsu Yasutomo Suzuki dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan IJFD di Hamamatsu.

Ia juga menyampaikan beberapa kerja sama yang telah dimiliki kota Hamamatsu dengan sister city Hamamatsu dengan Bandung, antara lain kerja sama pengelolaan sumber daya air.

IJFD Hamamatsu yang merupakan kolaborasi KBRI dengan mitra kalangan bisnis dan kelompok masyarakat Jepang ini dimeriahkan dengan festival budaya dan bazar kuliner Indonesia dengan penampilan Tari Piring, Tari Jaipong, Tari Wonderland, Tari Lengser, Ballet, Permainan Angklung dan Bajidor Kahot yang dibawakan oleh PPI Hamamatsu dan Shizuoka serta Lembaga Persahababatan Indonesia – Hamamatsu.