Saiful Mujani: Ridwan Kamil Menghambat Suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat

Ridwan Kamil Menghambat Suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat
Ridwan Kamil Menghambat Suara Prabowo dan Anies di Jawa Barat (Foto : Kolase)

Antv – Figur Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil bisa menghambat atau menggerus dukungan publik pada figur Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jawa Barat.

Hal itu terjadi jika Ridwan Kamil maju sebagai calon wakil presiden atau menjadi juru kampanye untuk calon presiden di luar Prabowo dan Anies.

Demikian hasil studi yang dilakukan ilmuan politik, Prof. Saiful Mujani. Hasil studi ini dipresentasikan melalui program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode ”Ridwan Kamil dan Calon Presiden Golkar” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Kamis (26/1/2023).

Saiful menjelaskan bahwa bergabungnya Ridwan Kamil dengan Partai Golkar adalah salah satu pilihan yang masuk akal bagi Ridwan Kamil karena Golkar adalah partai yang besar. Selain itu, di Jawa Barat, partai ini memiliki sejarah kesuksesan.

Saiful melanjutkan bahwa jika Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo, maka pasangan ini tinggal memaksimalkan dukungan dari daerah lain.

Jawa Barat yang awalnya dimenangkan secara mutlak oleh Prabowo tidak akan bisa terjadi seperti itu lagi kalau Ridwan Kamil maju sebagai calon wakil presiden atau menjadi vote-getter untuk mendukung calon presiden selain Prabowo dan Anies.

“Itu nilai politik elektoral dari Ridwan Kamil,” jelasnya.