Catatan Ilham Bintang: In Memoriam Lieus Sungkharisma, Perginya Sang Aktivis Tanpa Jeda

In Memoriam Lieus Sungkharisma, Perginya  Sang Aktivis  Tanpa Jeda
In Memoriam Lieus Sungkharisma, Perginya Sang Aktivis Tanpa Jeda (Foto : Istimewa)

Antv – Saya terakhir bertemu Lieus Sungkharisma, aktivis tanpa jeda ini, 5 Oktober lalu. Kami sama-sama menghadiri diskusi politik yang diselenggarakan media portal Inilah.com di sebuah Cafe di Blok M Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pembawa acara talkshow itu Rahma Sarita menampilkan pembicara utama Eep Saefullah Fatah dan Rocky Gerung, antara lain. Saya dan Lieus juga diminta Rahma sebagai penanggap.

Selesai diskusi kami melanjutkan kongkow lepas kangen sambil menikmati kopi dan penganan yang dihidangkan tuan rumah, wartawan senior Muchlis Hasyim. Berbeda dengan penampilan umumnya di depan publik, hari itu Lieus lebih banyak tertawa lepas. Dokumentasi foto hari itu memperlihatkan suasana gembira tersebut.

img_title
In Memoriam Lieus Sungkharisma Bersama Para Tokoh. (Foto: Istimewa)

Aktivis asli

Lieus Sungkharisma asli aktivis tanpa jeda. Paling tidak sejak kami berkenalan pertengahan tahun 80-an posisinya tetap seperti apa adanya sekarang. Momen perkenalan kami waktu Lieus bersama Erros Djarot gencar mengkritisi dugaan praktek monopoli dunia perfilman di Tanah Air.

Selasa (24/1/2023) malam datang kabar duka mengenai Lieus yang mendapat serangan jantung. Lieus sempat dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Pondok Indah, Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, namun jiwanya tidak tertolong. Ia meninggal dunia dalam usia 63 tahun.