Dishub DKI Akan Tutup 27 U-Turn untuk Tekan Kemacetan

Ilustrasi kemacetan di DKI Jakarta.
Ilustrasi kemacetan di DKI Jakarta. (Foto : tvonenews.com)

Antv –Dishub DKI Jakarta akan menutup 27 jalur putar balik (U-turn) di Jakarta. Langkah itu untuk menekan angka kemacetan.

“Sebagaimana arahan Penjabat Gubernur DKI, untuk tahap awal jangka mendesak, kami melakukan penutupan 27 putaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Langkah lain untuk menekan kemacetan dengan mengubah tujuh ruas jalan untuk dijadikan sistem satu arah. Dishub DKI juga berencana berkolaborasi dengan Google Indonesia untuk mengoptimalkan lampu lalu lintas (traffic light) dalam waktu dekat.

"Teman-teman dari Google sudah melaksanakan analisis dan evaluasi terhadap situasi dan kondisi lalu lintas di satu koridor,” katanya.

Ia memberi contoh ruas Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka hingga Jalan Pemuda yang sedang dilakukan analisis.

Seperti ditulis Viva.co.id, di sisi lain, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan angkutan umum. Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI, kapasitas angkutan publik terus ditingkatkan misalnya TransJakarta saat ini mencapai sekitar 1,2 juta penumpang per hari dengan kekuatan armada 4.700 unit.

Pihaknya memproyeksikan kapasitas TransJakarta akan ditingkatkan pada 2024 mencapai 1,5 juta penumpang dengan armada 6.960 unit melalui penambahan koridor dari 13 menjadi 15 koridor BRT (dengan halte).