Polda Metro Jaya Akan Terima Hibah Rp75,4 Miliar dari DKI untuk Tambah ETLE

Pemasangan kamera ETLE.
Pemasangan kamera ETLE. (Foto : Korlantas Polri)

Antv –Pemprov DKI Jakarta akan memberikan dana hibah kepada Polda Metro Jaya senilai Rp 75,4 miliar untuk penambahan electronic traffic law enforcement (ETLE) pada tahun 2023.

"Untuk tahun ini yang sudah masuk dalam APBD tahun 2023 total adalah Rp75,4 miliar untuk 70 titik ETLE," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa, 24 Januari 2023.

Syafrin mengatakan, ETLE tahap tiga akan tersebar di 70 ruas jalan di Jakarta. Jumlah itu bertambah jika dibandingkan dengan penambahan ETLE tahap satu dan dua dengan total 57 titik.

"ETLE tahap ketiga akan tersebar di 70 titik ruas jalan di Jakarta, menambah ETLE tahap satu dan dua yang sudah ada sebelumnya di 57 titik. Sekarang sudah operasional 57 ditambah 70 nanti sehingga total menjadi 127," kata Syafrin.

Seperti ditulis Viva.co.id, langkah selanjutnya, menurut Syafrin, yakni penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk Ditlantas Polda Metro Jaya.

NPHD disusun oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berdasarkan surat permohonan penandatanganan NPHD dari calon penerima hibah yakni Ditlantas Polda Metro Jaya. Setelah itu, Ditlantas Polda Metro Jaya mengajukan surat usulan pencairan dana hibah itu kepada Dishub DKI dilengkapi dokumen administrasi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman berharap, dana hibah itu cair tepat waktu. Sebab, pelaksanaan lelang selama dua bulan dan pekerjaan ETLE tahap tiga berlangsung selama lima bulan.