10 Orang Tewas Akibat Penembakan Tahun Baru Imlek di California AS

Lokasi penembakan di California Amerika Serikat.
Lokasi penembakan di California Amerika Serikat. (Foto : Reuters)

Antv –Seorang pria bersenjata berusia 72 tahun bunuh diri saat polisi berusaha menangkapnya pada hari Minggu, 22 Januari 2023. Pria itu merupakan tersangka penembakan pada tahun baru imlek di sebuah klub dansa yang telah menewaskan 10 orang dan melukai 10 lainnya.

Pria bersenjata itu mencoba melakukan penembakan lain di klub terpisah hanya beberapa menit setelah yang pertama pada Sabtu malam, 21 Januari 2023. Namun menurut pihak berwenang dua orang di sekitarnya berhasil merebut senjata pria itu sebelum ada tembakan yang berhasil dilepaskan. Selanjutnya tersangka melarikan diri.

Menurut Sheriff County Los Angeles Robert Luna telah mengidentifikasi tersangka sebagai Huu Can Tran, seorang pria berusia lanjut yang katanya menggunakan pistol yang memilki kapasitas banyak.

Pria itu menembak tempat dansa di ballroom yang populer dengan para pelanggan berusia tua di Monterey Park, sekitar 11 km timur pusat kota Los Angeles. Penyidik belum mengetahui motif penembakan itu.

Menurut Robert Luna korban terdiri dari lima pria dan lima wanita. Mereka berusia sekitar 50 hinga 60-an tahun.

Sheriff mengatakan pistol yang digunakan Tran tampaknya ilegal di California, di mana undang-undang negara bagian melarang magasin yang menampung lebih dari 10 peluru.

Sheriff mengatakan bahwa Tran menembak dirinya sendiri pada hari Minggu ketika polisi mendekati sebuah van putih yang dia kendarai di Torrance, sekitar 34 km dari lokasi penembakan di Star Ballroom Dance Studio di Monterey Park.