Akibat Diguyur Hujan Deras, Jalan Kabupaten Longsor Tak Bisa Dilalui

Akibat Diguyur Hujan Deras, Jalan Kabupaten Longsor Tak Bisa Dilalui
Akibat Diguyur Hujan Deras, Jalan Kabupaten Longsor Tak Bisa Dilalui (Foto : antvklik-Purnomo Gujiih)

AntvAkibat diguyur hujan deras sejak jumat siang, jalan kabupaten Di Temanggung, Jawa Tengah, terputus akibat bencana tanah longsor. Untuk sementara, jalan ditutup total, para pengendara dan warga sekitar harus memutar sejauh 10 kilometer.

Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah kabupaten temanggung, jawa tengah, mengakibatkan bencana tanah longsor dan mengakibatkan jalan kabupaten terputus, Jumat sore.

Lokasi tepatnya yaitu berada di desa ngadisepi, kecamatan gemawang, temanggung, jawa tengah.

Lebar titik jalan yang longsor yaitu 5 meter, namun terdapat retakan sepanjang 30 meter pada ruas jalan, dengan jarak luncur material longsor sejauh 50 meter.

Kepala Pelaksana Bpbd Temanggung, Thoyfur Hadi menyampaikan, selain curah hujan yang tinggi, longsor ini juga disebabkan oleh derasnya aliran irigasi, sehingga meluap ke jalan raya.

“ini terutama karena hujan lebat sehingga irigasi tidak mampu menampung air dan meluap ke jalan raya sehingga mengakibatkan tanah longsor”. Kata, Thoyfur Hadi, Kepala Pelaksana Bpbd Temanggung.

Akibat bencana ini, aktifitas warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian lumpuh total, dan para pengendara harus memutar arah sejauh 10 kilometer melalui jalan alternatif.