Arutmin Indonesia dan Jhonlin Baratama Rekor Jam Kerja Tanpa Lost Time Injury

Arutmin Indonesia dan Jhonlin B. Cetak Rekor Jam Kerja Tanpa LTI.
Arutmin Indonesia dan Jhonlin B. Cetak Rekor Jam Kerja Tanpa LTI. (Foto : Istimewa)

AntvPT Jhonlin Baratama (JB) dan PT Arutmin Indonesia (AI) mencetak rekor 32.410.974 jam kerja tanpa lost time injury (LTI). Pemecahan rekor ditandai dengan upacara memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 di PIT Trembesi pada Rabu (18/1/2023).

“Selamat atas rekor yang diraih PT JB beserta subkontraktornya di PIT Trembesi di mana telah mencapai kinerja keselamatan kerja yang sangat luar biasa, yakni 32.410.974 jam kerja aman tanpa LTI,” kata Iwan Sugiarto, Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin. Seperti diketahui Arutmin merupakan entitas anak dari PT Bumi Resources TBK (BUMI), emiten Grup Bakrie.

Menurut Iwan, capaian 32.410.974 jam kerja tanpa LTI tentunya merupakan hasil kerja keras dan disiplin dari seluruh pihak yang terlibat.

“Oleh karena itu saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Semoga operasional tambang kita lancar dan aman, terhindar dari segala bentuk kecelakaan yang dapat merugikan kita semua,” tambahnya.

Setiap 12 Januari hingga 12 Februari diperingati sebagai Bulan K3 Nasional, di mana tema tahun 2023 adalah ‘Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja’ yang diatur Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2023.

Daud Kala Bombang Direktur PT JB yang hadir di upacara Bulan K3 di PIT Trambesi juga mengapresiasi capaian PT JB.

“Saya bangga atas prestasi yang dicapai AI dan JB. Saya juga berharap ini dapat kita pertahankan. Jangan sampai apa yang sudah dibangun dan diusahakan lenyap karena kelalaian kita,” kata Daud Menurut Daud, pelaksanaan K3 merupakan tanggung jawab bersama, sehingga semua pihak berkewajiban untuk berperan aktif secara konsisten.