Jalan Poros Salu-Dende Diterjang Longsor, Transportasi Antar Kecamatan Lumpuh

Jalan Poros Salu-Dende Diterjang Longsor, Transportasi Lumpuh
Jalan Poros Salu-Dende Diterjang Longsor, Transportasi Lumpuh (Foto : antvklik-Joni Banne Tonapa)

Antv – Hujan deras disertai angin kencang terus mengguyur wilayah Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan Rabu (18/1/2023), membuat jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Sopai dengan Kecamatan Denpina, Longsor.

"Ia benar terjadi tanah longsor yang juga membuat jalan ikut amblas akibat terbawah material tanah, sehingga arus transportasi lumpuh," Terang Kapten. Inf. Safri Dasi, Danramil Sanggalangi, Rabu (18/1/2023).

Tingginya intensitas hujan yang terus menerus terjadi menyebabkan jalan poros penghubung antar Kecamatan Sopai dengan Kecamatan Denpina yang berada tepat di Lembang Salu Sarre tersebut amblas, akibatnya akses penghubung antar kecamatan saat ini lumpuh.

Safri juga menjelaskan bahwa untuk saat ini kendaraan roda dua dan empat yang hendak melintas baik dari arah Dende' dan Salu Sarre tidak dapat melintas.

"Personil saya telah mendatangi lokasi bencana, dan berkordinasi dengan aparat setempat serta instansi terkait dalam hal ini BPBD Toraja Utara. Saat ini sudah dipasang tanda larangan garis polisi agar warga tidak ada yang mencoba melintas diareal longsor tersebut, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan longsor susulan," tegas Safri Dasi. Danramil Sanggalangi.