Kejari Sumbawa Lelang 43 Bidang Tanah Hasil Sitaan

Kejari Sumbawa Lelang 43 Bidang Tanah Hasil Sitaan
Kejari Sumbawa Lelang 43 Bidang Tanah Hasil Sitaan (Foto : antvklik-Irwansyah)

Antv – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa, Kejati NTB, melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima sejak Desember 2022 lalu, melakukan kegiatan lelang eksekusi barang rampasan negara atas 43 bidang tanah yang menjadi milik PT Bank NTB Syariah.

"Hingga pertengahan Januari 2023 ini sudah ada 9 bidang tanah yang laku terjual yang dibeli oleh empat orang warga Sumbawa dengan nilai jual mencapai Rp 829.986.000,- yang langsung disetorkan ke kas PT Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa," ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (P3BR) Kejaksaan Negeri Sumbawa, Rika Ekayanti, Selasa (17/01/2023).

Dijelaskan, puluhan bidang tanah hasil eksekusi atas barang rampasan negara tersebut terletak  di dua Kelurahan yakni Lempeh dan Umasima.

"Telah dilelang terbuka oleh KPKNL Bima sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, 9 bidang tanah yang laku dibeli oleh 4 orang dengan bukti sertifikat tanah hak milik (SHM)," katanya. 

"Telah diserahkan langsung kepada pembeli atas nama Sumbul Saleh Basumbul, Muhammad Yamin, Muhammad Irfan dan Safruddin, setelah mereka sebelumnya membayar lunas dan menyetorkan melalui KPKNL Bima yang meneruskan anggaran hasil lelang tanah tersebut kemudian disetorkan ke kas PT Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa," ungkapnya lagi.

Sekarang ini, lanjut Rika, masih ada 34 bidang lahan tanah yang akan dilakukan lelang kembali oleh KPKNL Bima, dengan rencana pelelangannya akan dilaksanakan dengan penawaran secara tertutup (clossed bidding) dan bagi calon peserta lelang yang berminat dapat mendaftar dan/atau membuat akun terlebih dahulu melalui webiste lelang.go.id.

"Dengan pembuatan akun yang sangat mudah hanya dengan mengisi data diri, mengunggah KTP dan NPWP serta nomor rekening bank yang masih aktif sudah bisa mengikuti lelang, dimana website lelang,go,id ini juga bisa diunduh melalui play store aplikasi lelang Indonesia," ujarnya.