Markas Tagana Sumbawa Akan Dibangun dengan Alokasi Dana APBD

Markas Tagana Sumbawa Akan Dibangun dengan Alokasi Dana APBD
Markas Tagana Sumbawa Akan Dibangun dengan Alokasi Dana APBD (Foto : antvklik-Irwansyah)

Antv – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa, mengucurkan anggaran melalui dana Pokok Pikiran Ketua DPRD, untuk membangun kantor sebagai markas permanen Tagana Sumbawa. 

"Selama ini, TAGANA Sumbawa bermarkas secara nomaden atau sering berpindah-pindah. Terakhir markas Tagana berada di salah satu ruangan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa" kata Ketua Tagana Sumbawa,  Dedi Susanto, Selasa, (17/01/2023).

Dikatakan, selama ini Tagana menempati ruang sempit dan itupun masih digunakan secara bersama dengan Seksi Kebencanaan, sehingga sangat tidak representatif. 

Akibat kondisi tersebut mendapat perhatian dari DPRD Sumbawa, permohonan anggaran pembangunan kantor atau markas tagana sudah disetujui. 

"Melalui ketua DPRD, Abdul Rafiq langsung merespon usulan kami membangun kantor yang berlokasi di lahan kosong samping gudang logistik Disos Sumbawa, melalui pokok pikiran (Pokir) ketua DPRD. Alhamdulillah, dengan Kabid Linjamsos yang baru, kita akan memiliki markas baru,” kata Dedi Susanto yang juga Koordinator FK Tagana Provinsi NTB.

Memiliki markas yang representatif ungkap Dedi, menjadi harapan jajarannya untuk memudahkan koordinasi, komunikasi dan mobilisasi anggota maupun logistik saat bencana terjadi.

Setelah terbangunnya markas, lanjut Dedi, pihaknya akan mengupayakan agar fasilitas pendukung lainnya dapat dilengkapi. Di antaranya peralatan komunikasi dan administrasi. Seperti pengadaan HT (Hand Talky) dan seperangkat komputer.