Panglima TNI dan Kapolri Kompak Perankan Tokoh Wayang Orang

Wayang orang
Wayang orang (Foto : )

Panglima Tni Laksamana Yudo Margono menginisiasi sebuah Pagelaran Wayang Orang bertajuk Pandowo Boyong.

Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk memperingati hari Dharma Samudera dan pelestarian Wayang Orang sebagai Kesenian Tradisional.

Pagelaran yang sudah dipersiapkan olehnya saat masih menjabat sebagai kepala staf angkatan laut ini, kini telah memasuki tahap persiapan akhir.

Yang menarik dari pertunjukan wayang orang kali ini yaitu para pemerannya bukan hanya dimainkan oleh seniman-seniman keraton seperti pada biasanya, melainkan juga diperankan oleh perwira-perwira tinggi dari TNI dan Polri.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sendiri di pagelaran ini memerankan sebagai tokoh Bima Sena, tokoh Pandawa yang kuat, bersifat selalu kasar dan menakutkan bagi musuh, namun sebenarnya berhati lembut.

Sedangkan untuk Punta Dewa, tokoh yang dikenal tekun dalam agama dan selalu bertindak adil serta jujur ini, diperankan oleh Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo.

Tidak hanya mereka berdua tokoh wayang lainnya juga dimainkan oleh KASAD Jendral TNI Dudung Abdurahman yang berperan sebagai Batara Guru, KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Eyang Abiyasa dan juga KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Batara Baruna.