Berikut Tanggapan KPK Terkait Harapan AHY Ruang untuk Sehat Lukas Enembe

Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe di RSPAD.
Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe di RSPAD. (Foto : Viva)

AntvKPK menjelaskan pihaknya mengacu pada tim medis terkait pemeriksaan Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe. Hal tersebut merupakan tanggapan dari keprihatinan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono soal kesehatan Lukas Enembe.

"Tentu yang dapat menyatakan kesehatan seseorang adalah tim medis, dan hal ini yang jadi pegangan KPK," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Kamis, 12 Januari 2023.

Dirinya menegaskan, tim medis menyatakan kalau Lukas dapat menjalani pemeriksaan dalam rangka penyelesaian proses hukumnya. Ali mengatakan, pihaknya mematuhi segala proses hukum yang ada.

Artinya, tidak mungkin lembaga antirasuah ini seenaknya memeriksa Lukas jika masih sakit. Alhasil, pemeriksaan pun dilakukan hari ini.

"Kami patuhi segala prosedur hukum yang berlaku," ucapnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Viva.co.id, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, turut prihatin terkait penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK. Lukas adalah kader Partai Demokrat, yang kini terjerat kasus dugaan suap dan gratifikasi.

“Kita tentu prihatin dan sekaligus memberikan doa dan support semoga, yang pertama kita berharap Pak Lukas Enembe ini juga senantiasa diberikan kesehatan karena beliau juga akhir-akhir ini mengalami sakit,” kata AHY kepada wartawan, Kamis, 12 Januari 2023.