PPATK Bekukan Kas Pemprov Papua Rp1,5 T Buntut Kasus Lukas Enembe

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. (Foto : Viva)

AntvPPATK menjelaskan adanya upaya pembekuan rekening atau kas uang Pemprov Papua sebagai tindak lanjut dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Lukas Enembe. Menurut Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, langkah itu untuk menghindari potensi penyimpangan dana yang seharusnya digunakan untuk kepentingan publik.

"Kami lakukan upaya pencegahan untuk menjamin akuntabilitas serta menghindari adanya potensi penyimpangan terhadap dana untuk kepentingan publik," ujar Ivan saat dihubungi, Rabu, 11 Januari 2023 malam.

Ivan menambahkan tidak semua rekening kas Pemprov Papua dibekukan, namun hanya sebagian. Pasalnya dalam analisis pihaknya menemukan potensi penyimpangan dana dalam beberapa rekening.

Adapun rekening kas milik Pemprov Papua yang dibekukan PPATK itu, kata Ivan nilainya mencapai Rp1,5 triliun.

"Jadi tidak semua rekening. Ini hanya upaya preventif karena dalam proses analisis yang kami lakukan diketahui ada potensi penyimpangan terhadap rekening tertentu saja. Totalnya hampir Rp1,5 triliun. Nilai ini bisa berubah sesuai hasil analisis kami," tandasnya.

Sebelumnya, seperti diberitakan Viva.co.id, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD mengatakan pemerintah telah membekukan sebagian uang kas Pemerintah Daerah (Pemda) Papua.

Pembekuan ini dilakukan buntut dari kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua, Lukas Enembe.